Selasa, 20 April 2010

Manfaat Penguasaan Teknologi Informasi

Banyak yang mempertanyakan bahwa apakah dengan menguasai Teknologi Informasi orang dapat berhasil ? Jawabnya tergantung dari apa yang kita rasakan dan kerjakan. Anda dapat mendapatkan begitu banyak Informasi dari Teknologi Informasi Internet. Misalnya dapat mengetahui berita yang sedang ada diAmerika tanpa harus pergi ke Amerika, cukup dengan menggunakan HP, atau Laptop yang disambung dengan Internet.
Karena begitu hebatnya, kita dapat mendapatkan Informasi kapan pun kita mau. Jika kita terbiasa dengan bekerja 8 jam sehari dalam 6 hari kerja, maka kita tergolong menjadi manusia 8-6 namun dengan adanya Internet yang bekerja 24 jam nonstop, kita tergolong manusia 24-7. dimana kita bisa mengakses Informasi kapan pun kita mau.
Lalu bagaimana bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui teknologi informasi? Sekedar mencermati ayat yang tertulis dalam kitab Amsal 1:7a yang berbunyi “takut akan Tuhan merupakan permulaan ilmu pengetahuan...” Ada kata takut yang berarti kita takut untuk berbuat yang tidak baik atau dengan kata lain bahwa ada keinginan untuk berbuat yang lebih baik secara terus-menerus. Pemahaman ini merupakan dasar bagi kita semua untuk berusaha mencari sesuatu yang baru bagi diri kita sendiri, dan yang penting dan harus diingat adalah apapun itu semestinya sesuai dengan kehendakNya.
Namun yang jadi pokok permasalahan adalah apakah dengan menggunakan internet ada “jaminan” untuk menjadikan diri anda menjadi berkualitas? Jawabannya tentu saja ada pada diri anda, sendiri. Jika anda menggunakan dengan sebaik-baiknya maka anda akan merasakan manfaatnya. Namum jika tidak, maka bersiap-Siaplah karena informasi tersebut akan merusak moral dan perilaku diri anda sendiri. Karena informasi tersebut selain berbau positif juga banyak yang berbau negatif seperti pornografi, dll. Di internet, sama sekali tidak ada sensor, jadi.... kita harus dewasa dalam berpikir dan bertindak.
Di dalam dunia persaingan yang semakin kompetifif ini, sangatlah dibutuhkan orang yang memiliki “knowledge“, sebab knowledge is a power. Dengan memiliki “kwowledge” maka daya saing akan menjadi tinggi. Dan yang terpenting adalah bagaimana kita dapat me’manage’ Informasi yang kita dapat, agar berguna bagi diri kita maupun orang lain. Ilmu selalu berkembang, harus diisi dan direfresh, seperti sebuah siklus yang harus dijalani secara berkelanjutan. Sama halnya seperti baterei handphone. Kalau mau tetap stanbay harus dicas (charge). Memang unbtuk mendapatkan pengetahuan bukasn hanya saja dari Internet, melainkan bisa dari buku. Tetapi yang dititikberat kan disini adalah kita membutuhkan informasi atau pengetahuan secara cepat maka kita bisa menggunakan Internet sebagai Referensi yang utama.
Sekedar mengingatkan bahwa sekarang organisasi mulai bersiap diri terhadap wabah teknologi informasi. Mereka berusaha memanfaatkan teknologi informasi guna menjalankan aktifitasnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung karena bisnis inti (core business) sangat tergantung pada teknologi ini misalnya dunia perbankan yang memanfaatkan jaringan on-line sehingga transaksi perbankan dapat dilakukan kapan dan di mana saja, misalnya penggunaan ATM untuk pengambilan kas, transfer, pembayaran tagihan dll yang kesemuanya dilakukan tanpa harus antri di kantor Bank. Secara tidak langsung artinya teknologi dipandang sebagai faktor penunjang saja dalam mendukung jalannya organisasi, misalnya pembuatan homepages, fasilitas e-mail, d1l.
Nah, dari penjelasan diatas tentu kita harus semakin akrab dengan Teknologi Informasi. Karena kelak kita akan bekerja dan tentunya membutuhkan Informasi yang tidak terbatas. Juga dengan adanya penguasaan informasi setidaknya anda telah memiliki knowledge yang pada akhirnya menjadikan diri anda memiliki daya saing tambah dibandingkan orang lain.

0 komentar:

Poskan Komentar